Bermain Balok di PAUD, Asik dan Menyenangkan

Dokumentasi Aa Fajar PAUD

Taman Kanak-kanak memang tempat yang paling indah bagi anak usia dini. Di sini mereka mengenal berbagai hal terkait pendukung tumbuh kembang dirinya, baik langsung ia temui sendiri atau melalui orang dewasa disekitar mereka terutama dari guru. Bermain salah satu cara mereka menemukan hal-hal baru dalam kehidupan ini.

Sangat tepat lagu yang berjudul "Taman Kanak - Kanak", ciptaan AT Mahmud menyebutkan bahwa taman yang paling indah adalah taman kami, tempat bermain, berteman banyak, itulah taman kami Taman Kanak- Kanak. Lagu ini adalah lagu yang sering disenandungkan ketika pagi hari baik ketika diluar kelas atau didalam kelas oleh para guru bersama anak-anak muridnya.

Memang bermain adalah aktifitas utama anak - anak usia dini, yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka. Bahkan, uniknya mereka tahunya datang kesekolah hanya untuk bermain. Disinilah, guru kreatif masuk bermain, menciptakan permainan edukatif, guna menstimulus kecerdasan - kecerdasan yang ada pada anak.

Salah satu sarana mereka bermain yang dihadirkan oleh guru adalah sentra balok. Sebuah sarana untuk mengembangkan proses kognitif, motorik, bahasa, seni kreatifitas melalui bermain balok dan alat pelengkap lainnya. Bagi sekolah muslim, kegiatan ini dapat di integrasikan dengan nilai - nilai keislaman.

Di sentra balok, sesuai dengan namanya " Balok", anak - anak bermain membangun benda - benda atau bangunan yang ada di imajinasi mereka atau yang pernah mereka jumpai menggunakan balok - balok yang ada dengan berbagai bentuk dan ukuran. Seperti, membangun gedung tinggi, hotel, sekolah, kapal, bandara, dan lain - lain.

Seperti kegiatan saya kemarin disekolah (30/07/2018) bersama anak - anak didik saya, kami asik bermain disentra balok. Setiap anak bermain berkelompok, mereka bersama membangun menggunakan balok. Disinilah keterampilan interaksi sosial mereka terstimulus, mana yang asik membangun sendiri, yang membangun bersama, atau membangun dengan tujuan bersama, terlihat pada kegiatan ini.

Salah satu kelompok asik menumpuk - numpuk balok. Ketika saya tanya, apa yang mereka buat ?. Mereka menjawab dengan kompak bahwa mereka sedang membuat Kapal. "ini seperti kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam didanau toba ya?" tanya saya menstimulus memori mereka. "bukan, ini Kapal beeeesar, kuat, gak tenggelem, ini ada layar besar" jawab salah satu anak sambil menggerakkan kedua tangannya, jawaban yang menunjukkan kemampuan sang anak dalam mengidentifikasi sebuah benda cukup baik.

Banyak manfaat yang diperoleh anak melalui bermain balok, diantaranya dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial dengan teman sebaya, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan kekuatan dan koordinasi motorik halus dan kasar, meningkatkan pengetahuan konsep matematika dan geometri, meningkatkan pemikiran simbolik, pengetahuan pemetaan dan meningkatkan keterampilan membedakan penglihatan.
Pada dasarnya anak - anak adalah ilmuan - ilmuan kecil yang sudah diberikan berbagai kemampuan oleh sang pencipta untuk terus berkembang sesuai tahap perkembangannya yang ingin sekali menjelajahi dunia yang telah mereka temui atau yang masih ada di imajinasi mereka.

Mereka juga adalah pemain - pemain drama yang memerankan pengalaman - pengalamannya. Pengalaman mereka yang menarik dapat dituangkannya secara kreatif dalam membangun balok - balok yang ada di sentra balok.

Maksud dan Tujuan
Setiap guru menghadirkan permainan untuk anak-anak didiknya tentu memiliki maksud dan tujuan. Begitu juga dengan permainan di sentra balok, sebagai guru di sekolah berdasarkan Islam saya juga memiliki maksud dan tujuan dari sarana permainan ini, yaitu :

  1. Mengenalkan kepada anak untuk bersyukur kepada Alloh, Karena Alloh telah menciptakan kayu untuk digunakan bermain balok.
  2. Melatih anak untuk menemukan konsep bahwa Alloh yang memberi kemampuan atau kepandaian kepada anak untuk bermain balok.
  3. Mengembangkan hubungan sosial yang Islami dengan perilaku yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.
  4. Pengenalan kemampuan matematika berupa menghitung, membedakan dan mengelompokkan.
  5. Mengembangkan penggunaan kosakata untuk berkomunikasi dengan teman sebaya.Mengembangkan kemampuan yang diberikan Alloh dalam mengidentifikasi dan memberi nama benda.
  6. Melatih koordinasi mata tangan dan pikiran yang telah diberikan Alloh.
  7. Mendidik anak untuk mampu mengambil keputusan tentang apa dan bagaimana yang mereka sukai.
  8. Melatih anak untuk belajar memecahkan masalah menggunakan bahan-bahan yang mereka temui.
  9. Mendidik  sikap bekerja sama seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam bermain dengan teman sebaya dan orang lain (guru).
  10. Memberikan pemahaman tentang bentuk dan ukuran.
  11. Melatih anak untuk disiplin dalam mengambil mengembalikan dan merapikan balok sesuai tempat dan bentuknya.
  12. Memperluas pengetahuan anak tentang hal-hal yang terkait dengan sentra balok.
  13. Mengembangkan aspek aspek bidang perkembangan anak.
  14. Bermain balok menyenangkan dan bermakna untuk anak usia dini adalah keharusan. 


Wallohu'alam

Aa Fajar

(Guru TK Islam PB Soedirman, Cijantung Jakarta Timur)

Bermain Balok di PAUD, Asik dan Menyenangkan Bermain Balok di PAUD, Asik dan Menyenangkan Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Thursday, April 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.